Pages

Sunday, March 10, 2013

DEFENISI DAN DASAR KOMUNIKASI DALAM PENYULUHAN PERTANIAN

PENGERTIAN ADOPSI DAN DIFUSI INOVASI
A.      PENGETIAN DAN DASAR KOMUNIKASI DALAM PENYULUHAN
sumber : Totok Mardikanto, Sistem Penyuluhan Pertanian Tahun 2009
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (Informasi) dari sumber ke                                      penerima
                              Mis : Komunikasi antara penyuluh dengan petani
Namun model komunikasi yang biasa digunakan para penyuluh sekarang ini tidak lagi bersifat garis lurus (linear) tetapi sudah bersifat memusat karena proses. Karena proses komunikasi tidak hanya terhenti setelah informasi disampaikan dan diterima oleh petani. Sebab setelah petani menerima informasi yang diberikan penyuluh, petani dapat memberi tanggapan kepada penyuluh. Kemudian proses komunikasi terus berlangsung dimana penyuluh dan petani saling berganti peran yaitu petani sebagai narasumber dan penyuluh sebagai penerima. Dan proses komunikasi penyuluhan ini akan berahir jika penyuluh dan petani dapat mengerti dan menerima tanggapan satu sama lain.
B.      PENGETIAN ADOPSI DAN DIFUS INOVASI DALAM PENYULUHAN PERTANIAN
1.      Pengertian inovasi
Pengertian inovasi menurut para ahli :
-          Menurut Rogers dan Shoemaker (1971)
Inovasi adalah suatu ide-ide baru, praktek-praktek baru, atau objek-objek yang dapat dirasakan sebagai sesuatu yang baru.
-          Menurut Lionberger dan Gwin (1982)
Inovasi tidak sekedar sebagai sesuatu yang baru tetapi lebih luas dari itu, yakni sesuatu yang dinilai baru atau dapat mendorong terjadinya pembaruan dalam masyarakat.
Secara umum inovasi dapat diartikan sebagai sesuatu ide, produk, informasi teknologi, kelembagaan, perilaku, nilai-nilai dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan dilaksanakan oleh sebagian besar warga masyarakat dalam suatu daerah tertentu.
Dengan menerapkan hal-hal tersebut besar kemungkinan dapat mendorong terjadinya perubahan-perubahan dalam segala aspek kehidupan masyarakat demi selalu terwujudnya perbaikan-perbaikan mutu hidup setiap individu dan seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.
2.      Pengertian Adopsi
Adopsi dalam penyuluhan pertanian pada hakekatnya dapat diartikan sebagai proses penerimaan inovasi atau perubahan perilaku baik yang berupa pengetahuan, sikap, maupun keterampilan pada diri seseorang setelah menerima inovasi yang disampaikan penyuluh pada petani atau masyarakat sasarannya.
            Inovasi yang dimaksud ini dapat berupa ide-ide dalam bercocok tanam, praktek – praktek ataupun cara kerja dan juga pola pikir masyarakat tersebut. Penerimaan hal tersebut mengandung makna sampai benar-benar tahu dan dapat melaksanakan atau menerapkan dalam kehidupan dan usaha taninya.
3.      Pengertian Difusi Inovasi Dalam Penyuluhan
Yang dimaksud dengan proses difusi inovasi adalah perembesan adopsi inovasi dari suatu individu yang telah mengadopsi ke individu yang lain dalam sistem sosial masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Mardikanto, T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta.
Mardikanto, T. dan Sri Sutarni, 1982. Pengaturan Penyuluhan Pertanian. Surakarta : Hapsara.

No comments:

Post a Comment